Pendidikan Bahasa Inggris

Sejarah Singkat

        Ditinjau dari sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate, maka Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris  adalah salah satu program studi yang lahir setelah empat tahun berdirinya STKIP Kie Raha Ternate. Tetapnya Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris mulai beroperasi dan menerima mahasiswa pada tahun akademik 2007/2008. Sampai dengan tahun akademik 2010/2011, Program Studi ini baru memasuki usia tiga tahun.  Berdasarkan Surat Keputusan penyelenggaraan program pendidikan, maka Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris berfungsi membina dan mempersiapkan tenaga Sarjana (S1) kependidikan  Bahasa Inggris dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dengan orientasi tugas dan pengabdian pada satuan pendidikan Sekolah Menengah, dan instansi/lembaga lainnya yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan  Bahasa Inggris serta tugas-tugas di masyarakat.

      Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris merupakan salah satu program pendidikan yang berorientasi pada upaya membina dan mendidik peserta didik dalam hal ini mahasiswa agar memiliki seperangkat pengetahuan secara teoritis dan praktis mengenai  Bahasa Inggris yang berguna bagi upaya pengembangan sumberdaya manusia,  sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat. Substansi pengajaran  Bahasa Inggris berorientasi pada kehidupan bermasyarakat karena itulah  Bahasa Inggris dinyatakan sebagai bidang ilmu kemasyarakatan. Dengan demikian pendidikan dan pengajaran  Bahasa Inggris mengkaji dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan kemasyarakatan agar dapat diabdikan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud tugas, tanggangjawab dan pengabdian seluruh komponen  Bahasa Inggris yang dibina melalui Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.

            Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris merupakan salah satu dari 10 program studi yang ada di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate. Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris merupakan salah satu wadah pendidikan yang melaksanakan fungsinya sebagai Program Studi yang menghasilkan tenaga kependidikan  Bahasa Inggris. Penyelenggaraan Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris menempati salah satu gedung kampus STKIP Kie Raha Ternate  yang berkedudukan di wilayah Kelurahan Sasa-Jambula, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

            Usul pembukaan Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris oleh Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate, diajukan pada tahun akademik 2006/2007.  Penyelenggaraan Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris dimulai pada tahun akademik 2007/2008 yang secara legalitas didasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas, Nomor 1984/D/T/2007 tanggal 19 Juli 2007 dan saat ini telah memperoleh surat Keputusan Perpanjangan Izin pada tahun 2011 dengan nomor 4715/D/T/K-XII/2010  tanggal 3 Desember 2010.

            Dalam perkembangannya Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris cukup diminati oleh mahasiswa, sebagaimana terlihat pada data penerimaan mahasiswa baru yang jumlahnya meningkat pada setiap tahun.

Visi

Dengan mengacu pada Visi STKIP Kie Raha Ternate, dan sejalan dengan lajunya perkembangan ilmu dan teknologi serta semakin meningkatnya perubahan sosial dan kebudayaan, maka VISI Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris STKIP Kie Raha Ternate adalah: Menjadi suatu Program Studi di antara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris yang maju, mandiri, bermutu dan handal dalam menyiapkan tenaga-tenaga sarjana  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.

Misi

Berdasarkan pada Visi Program Studi maka dirumuskan Misi Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai berikut:

  1. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan melalui pendidikan dan pengajaran untuk menjadi sarjana  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris serta handal dalam mengkaji masalah kebahasaan.
  2. Menjadi Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam kajian sosial budaya yang bermitra dengan instansi pemerintah, swasta dan LSM yang peduli pada masalah bahasa.
  3. Memperkuat peran Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai lembaga pendidikan tinggi baik dalam fungsi mendidik tenaga kependidikan maupun non kependidikan yang berorientasi pada kebutuhan lapangan kerja.
  4. Memperkuat persiapan diri dalam operasional kegiatan akademik program studi.

Tujuan Program Studi

  1. Mengacu pada Visi dan Misi Program Studi, maka dirancang tujuan yang ingin di capai oleh Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai berikut: Menghasilkan calon guru yang berkompeten dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk memenuhi kebutuhan guru di tingkat satuan pendidikan SD, SLTP, SMU, SMK, dan MA di daerah dan di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan calon guru yang terampil dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. Menghasilkan sarjana  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris yang terampil dalam melaksanakan penelitian untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu, serta mempunyai kemampuan untuk bekerja di luar bidang keguruan.

Sasaran

Mengacu pada Visi dan Misi Program Studi, maka sasaran yang ingin di capai oleh Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris adalah:

Menghasilkan tenaga pengajar dan pendidik Bahasa Inggris yang berkompeten dan bertanggung jawab, serta mampu berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Strategi Pencapaian

Strategi pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris STKIP Kie Raha Ternate melalui 4 (empat) cara, yaitu:

  1. Memanfaatkan tenaga dosen yang ada untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar, dan mendorong para dosen yang berkualifikasi S2 untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S3), dengan cara memberikan peluang dan kesempatan kepada para dosen untuk mengikuti seleksi beasiswa studi lanjut S3 baik dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Memanfaatkan fasilitas proses pembelajaran yang sudah tersedia secara optimal, dan ikut berupaya mengembangkan baik secara kuantitas maupun secara kualitas, dengan cara menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, stake holders, LSM dan lembaga lain yang terkait.
  3. Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja dan berupaya melibatkan  stake holders dan lembaga lain yang terkait untuk turut serta memberikan masukan terhadap pengembangan kurikulum dengan cara membakukan dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.
  4. Memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan di bidang pendidikan, dengan cara melakukan sosialisasi Program Studi Bahasa Inggris secara terpola dan berkesinambungan.

Kompetensi dan Etika Lulusan

Kompetensi utama bagi Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai tenaga kependidikan adalah :

Memiliki kemampuan akademik dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran sebagai penjabaran kompetensi tenaga kependidikan,  menguasai metodologi pengajaran bahasa Inggris dan memiliki kemampuan analisis kebahasaan.

Etika lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris sebagai berikut :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta taat kepada negera dan pemerintah Indonesia.
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara.
  3. Menjunjung tinggi nama baik, kehormatan dan kewibawaan STKIP Kie Raha Ternate dan Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
  4. Memiliki keterbukaan dan mengutamakan kejujuran akademik dan menjalankan tugas sesuai profesi dengan sebaik-baiknya.
  5. Saling menghormati sesama lulusan, menjaga nama baik almamater dan menghindari perbuatan yang tidak terhormat.
  6. Mampu mengembangkan diri dan ilmu pengetahuan yang dikuasai demi kemajuan.

Struktur Program Studi

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dipimpin oleh Ketua Program Studi dan dibantu oleh Sekretaris Program Studi. Para Staf dosen dibawahi oleh Ketua Program Studi, dibawah instruksi Pembantu Ketua I (Bagian Akademik). sementara itu, Administrasi Keuangan Program Studi dikelola langsung oleh Administrator yang terdapat di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang dibawahi oleh Ketua Program Studi dibawah pengetahuan Bendahara Institusi.

  1. Ketua Program Studi: Drs. H. Hamid Ismail, M.Pd
  2. Sekretaris (Sementara): Zainurrahman, S.S., M.Pd
  3. Administrator: Fitrah Warsari, S.Kom

Staf Dosen:

Berikut ini adalah tabel staf dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN**

(1)

(2)

(3)

1. Drs. H. Hamid Ismail, M.Pd 1205106102
2. Zainurrahman, S.S., M.Pd 1205038302
3. Masdi Harun, M.Pd 1229047301
4. Dra. Fachria Marasabessy (Studi lanjut) 1214126803
5. Sarif Sohi, S.Pd 1207076901
6. Suhaimi Tegamuni, S.S. (Studi lanjut) 1201058401
7. Mahdi Ahmad, S.S. (Studi lanjut) 1225078201
8. Yufaini, S.S. M.A. 1201028402
9. Syamsia, S.S., M.Pd 120709870

Kurikulum (Download)

Untuk mendownload Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris STKIP Kie Raha Ternate, klik download.

DOWNLOAD

Kontak: Kirimkan email ke psing_stkipkieraha@ymail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: